Peluang Bisnis Dan Analisa Usaha Hidroponik Skala Kecil Rumahan

Menganalisa usaha hidroponik skala kecil untuk pemula dan modal kecil cocok untuk usaha hidroponik rumahan di kampung dan di perkotaan.
Peluang Bisnis Dan Analisa Usaha Hidroponik Skala Kecil Rumahan

NIAGAS.COM - Akhir-akhir ini usaha hidroponik menjadi cukup diminati oleh banyak masyarakat. Media tanam yang tidak terlalu membutuhkan lahan besar menjadi banyak yang ingin mencobanya. Namun sebelum itu mari coba analisa usaha hidroponik skala kecil terlebih dahulu.

Kalau dirasa memiliki lahan kosong yang tidak terlalu luas tetapi ingin menjadikannya sebagai tempat tanam. Metode hidroponik sangat cocok sekali digunakan untuk bercocok tanam ini. Selain itu kebutuhan akan sayuran dan buah organik tinggi peminatnya.


Media Tanam Yang Dipersiapkan Dalam Metode Hidroponik

Ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan untuk melakukan penanaman hidroponik.

1. Media Tanam

Persiapkan terlebih dahulu media tanam sebelum melakukan bisnis pertanian hidroponik. Media tanam ini harus terbebas dari zat yang beracun karena akan sangat berbahaya untuk tanaman. Perhatikan juga drainasenya dengan baik.

2. Air

Komponen penting untuk media tanam hidroponik adalah air. Ini merupakan komponen inti, karena metode hidroponik sangat membutuhkan air. Hal ini untuk dapat menentukan pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

3. Unsur Hara

Komponen yang satu ini harus diperhatikan juga. Pertumbuhan tanaman hidroponik sangat membutuhkan unsur hara sebagai nutrisi. 

Sebelum melakukan usaha hidroponik, lakukan analisa usaha hidroponik skala kecil dengan takaran pemberian unsur hara pada tanaman.

4. Oksigen

Perhatikan juga pasokan oksigen yang dibutuhkan tanaman. Karena okesigen yang harus diterima oleh tanaman hidroponik sangatlah penting. Apabila asupan oksigen ini rendah, maka akan berdampak buruk pada tanaman.


Tanaman Yang Bisa Dijadikan Bisnis Hidroponik

Inilah beberapa tanaman yang cocok dijadikan sebagai bisnis hidroponik pemula dan modal kecil.

1. Sawi Hijau

Peluang Bisnis Dan Analisa Usaha Hidroponik Skala Kecil Rumahan

Untuk pemula cocok sekali untuk menanam sawi hijau. Tidak hanya mudah, tetapi peminat dari sawi hijau juga sangatlah besar. Di pasaran sawi hijau termasuk sayuran yang cepat sekali habis dan dicari. 

Selain itu jika sayur sawi hijau ini memiliki perawatan yang terbilang mudah. Selain itu juga mudah untuk dibudidayakan.

2. Selada

Sayuran pelengkap salad ini sangat cocok sekali untuk ditanam dengan metode hidroponik. Apalagi permintaan pasar akan kebutuhan sayur hijau seperti selada ini sangat tinggi. 

Apalagi sekarang ini banyak sekali restoran atau cafe yang membuka makanan dengan bahan organik. Dengan begitu pangsa pasar yang akan dimiliki menjadi lebih besar.

3. Kangkung

Permintaan pasar akan tanaman yang satu ini sangatlah tinggi. Menjadikan kangkung sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai sayuran yang ditanam dengan metode hidroponik. Selain itu keuntungan tenaman hidroponik ini menjadikannya sangat sehat.

Kebutuhan tanaman organik di pasaran masih sangatlah kurang sekali. Terutama rumah sakit yang sangat membutuhkan sayuran dengan bahan organik.

4. Bayam

Sayur bayam sangat mudah sekali untuk dilakukan penanaman. Maka dari itu untuk menanam bayam tentu akan sangat mudah. Terutama permintaan pasar sangat yang tinggi. Jadi bisa coba tanam bayam dengan metode hidroponik ini.

Namun sebelumnya coba lakukan terlebih dahulu analisa usaha hidroponik skala kecil di dekat lingkungan mu. Lakukan analisa secara rinci tentang permintaan pasar akan kebutuhan sayuran hijau.


Analisa Perhitungan Keuntungan Dari Usaha Hidroponik

Apa saja yang bisa kamu jadikan perhitungan, untuk mengetahui apa saja keuntungan bisnis hiroponik ini.

1. Permintaan Pasar

Sekarang ini banyak orang yang semakin sadar untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dilakukan dengan cara memakan sayuran sehat yang berasal dari organik. Ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha.

Mulai dari perhotelan, restoran, rumah sakit hingga rumah tangga sangat meminati sayur oragnik ini. Maka analisis usaha sayuran hidroponik sangat besar sekali dan menguntungkan.

Menanam dengan metode hidroponik ini membuat tanaman tumbuh secara organik. Bahan yang digunakan juga bebas dari bahan kimia. Sehingga bebas dari bahan kimia berbahaya. Sedangkan permintaan pasar tinggi penggiat tanaman organik masih kurang.

2. Modal Usaha

Modal yang tidak terlalu besar bisa dijadikan sebagai bahan analisa usaha hidroponik skala kecil. Karena dengan media tanam hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas seperti pertanian konvensional.

Alat yang dibutuhkan juga tidak terlalu susah dan mahal untuk didapatkan. Jadi sebagai modal dan keuntungan bisa sangat menguntungkan sekali. 

Itulah tadi analisa usaha hidroponik skala kecil. Sebenarnya pangsa pasarnya sangat besar sekali dengan luas lahan yang fleksibel. Cocok sekali untuk usaha skala kecil.
Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Niagas. All rights reserved. Developed by Jago Desain