Begini Cara Membuka Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil Untuk Pemula

Saat ini sudah hampir setiap orang tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci pakaian. Maka dari itu usaha laundry kiloan sangat diperlukan dimana-mana
NIAGAS.COM - Salah satu aktivitas yang cukup melelahkan adalah mencuci pakaian terlebih jika dilakukan dengan cara manual. Terlebih bagi anda yang sibuk bekerja dan tidak memiliki banyak waktu luang.

Waktu yang diperlukan juga sangat lama itulah mengapa bisnis laundry ada banyak di tengah masyarakat. Sehingga banyak sekali orang yang memutuskan untuk membuka usaha laundry kiloan. 

Modal Usaha Laundry Kiloan

Sibuknya aktivitas yang padat pada sebagian orang lebih memilih menggunakan jasa mencuci dan menyetrika pakaian mereka dengan jasa laundry pakaian kiloan. 

Maka bisa dikatakan bisnis usaha jasa cuci pakaian kiloan ini banyak diminati oleh para pengusaha menengah ke bawah. Untuk perkiraan modal awal dari usaha laundry kiloan ini paling kecil yaitu sekitar Rp 6jt - Rp 10jt an. Belum termasuk biaya sewa ruko dan membayar karyawan jika anda membutuhkan nya.

Peralatan Usaha Laundry Kiloan

Adapun peralatan dasar untuk usaha laundry pakaian kiloan ini meliputi:
  1. Mesin Cuci
  2. Pengering Pakaian
  3. Peralatan Menyetrika (Setrika Uap, Papan Setrika, Penyemprot Pewangi Pakaian)
  4. Timbangan Digital
  5. Keranjang Pakaian
  6. Alat Tagging
  7. Lemari Penyimpanan
  8. Meja dan Peralatan Tulis

Estimasi Keuntungan Usaha Laundry Kiloan

Begini Cara Membuka Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil Untuk Pemula

Lalu berapa estimasi perkiraan keuntungan dari usaha laundry kiloan setiap bulannya? Untuk estimasi perkiraan keuntungan sebulan dari pertama anda membuka usaha laundry kiloan ini kurang lebih akan mendapatkan estimasi Keuntungan sebesar Rp 1.950.000,- 

Keuntungan usaha laundry pakaian kiloan tersebut belum terpotong oleh gaji karyawan dan sewa ruko yang mungkin jika anda membutuhkan keduanya.


Strategi dan Cara Membuka Usaha Laundry Kiloan dengan Hanya Modal Kecil

Berikut beberapa strategi dan cara untuk membuka usaha laundry kiloan yang sedang di butuhkan oleh banyak orang saat ini yang bisa anda coba untuk memulai bisnis.

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Cara pertama ketika kamu memutuskan untuk membuka usaha laundry kiloan modal kecil adalah memilih lokasi yang tepat. Kamu bisa mencari lokasi yang mempunyai banyak sekali mahasiswa atau karyawan yang menjadi target pasar kamu nantinya dan penentuan lokasi sangat penting. 

Cara membuka usaha laundry kiloan modal kecil akan berhasil jika kamu menemukan lokasi target pasar terbaik. Penentuan lokasi juga sangat berpengaruh dalam penyediaan modal maka pastikan lokasi yang kamu pilih strategis dan mudah untuk dijangkau oleh banyak orang. 

2. Menentukan Harga

Salah satu hal yang sangat mempengaruhi bisnis laundry kiloan yang kamu miliki adalah harga. Terlebih ketika telah ada usaha serupa di wilayah yang kamu pakai maka kamu harus menyusun strategi agar produk yang kamu kembangkan dapat dengan mudah laris seperti yang lainnya. 

Kamu harus memastikan harga jasa mencuci yang kamu tawarkan terjangkau dan tidak jauh dari harga pasar. 

Untuk mempermudah hal ini kamu bisa menentukan harga dan ada baiknya melakukan survei terlebih dahulu. Karena, jika kamu tidak mengetahui harga pasar seperti apa, agar tidak menyesal nantinya. 

3. Meningkatkan Mutu Pelayanan

Harga terjangkau tentu bukan satu-satunya daya tarik yang kamu buat untuk laundry kiloan tersebut. Pelanggan juga amat memperhatikan kualitas pelayanan yang kamu berikan nantinya, ketika pelanggan tersebut memutuskan untuk menaruh pakaiannya di laundry yang kamu jalankan. 

Untuk itu kamu harus mempekerjakan orang-orang yang kompeten dalam bidang yang satu ini karena semakin baik mutu pelayanannya maka pelanggan akan semakin senang. 

Kamu harus pandai untuk membuat pelanggan kamu tidak enggan untuk datang kembali dan berikan pelayanan terbaik. 


4. Perhatikan Waktu

Kamu juga harus memperhatikan waktu karena sebagian besar pelanggan merupakan orang yang sibuk dan tidak punya banyak waktu. 

Jangan sekali-kali kamu mengecewakan kepada para pelanggan yang setia kepada kamu dengan membuat mereka menunggu lama untuk mendapatkan pakaian. 

Pakaian yang bersih dan wangi harus kamu selesaikan dengan cepat sebab usaha laundry yang kamu jalankan selama ini harus menjadi solusi.

Dalam menyelesaikan pekerjaan yang paling penting dalam menjalankan bisnis laundry adalah ketepatan waktu dan pengerjaannya. 

5. Variasi Pelayanan

Cara membuka usaha laundry kiloan modal kecil selanjutnya adalah dengan memberikan variasi pelayanan dengan baik. 

Bisnis yang kamu jalankan adalah laundry kiloan, namun ada baiknya kamu jangan berpatok pada satu jenis layanan saja karena harus berpatok kepada layanan lainnya. 

Tentu tak akan ada salahnya jika kamu menawarkan layanan lain, contohnya pelanggan bebas memilih parfum yang akan digunakan nantinya. 

Hal ini karena pelanggan mempunyai kebutuhan lain terkait dengan laundry dan kamu bisa membuat paket layanan berdasar pada durasi pengerjaan. 

6. Merawat Pakaian Laundry

Kamu juga harus belajar untuk memperlakukan pakaian konsumen selayaknya merawat pakaian terbaik kamu. Hal ini harus kamu lakukan agar pakaian milik pelanggan tetap dalam keadaan baik-baik saja dan tidak rusak apalagi sampai hilang atau mungkin tertukar dengan pakaian pelanggan lainnya. Untuk itu kamu harus berhati-hati dengan pakaian konsumen yang dibersihkan. 

Kamu bisa membaca label perawatan pakaian sebelum mulai mencuci dan pastikan juga warna pakaian lain tidak luntur dengan tidak mencampurkan pakaian berwarna dengan pakaian putih. 

Sebisa mungkin kamu harus menghindari hal yang bisa merusak pakaian pelanggan setia kamu. 

7. Pemasaran

Perlu diketahui bahwa diperlukan trik yang sangat hebat ketika merintis sebuah bisnis maka kamu wajib melakukan teknik pemasaran yang tepat untuk usaha kamu. 

Untuk mengenalkannya kepada masyarakat luas kamu bisa melakukan pemasaran melalui media sosial dengan pembagian brosur atau promosi melalui iklan di media sosial, website atau Youtube.

Cara yang satu ini bisa kamu lakukan sebelum memulai usaha laundry dan selama masa awal pembukaan. Menarik calon pelanggan baru adalah tujuannya yakni kamu harus memberikan promosi yang baik, baik melalui flyer atau dari mulut ke mulut.


Akhir Kata

Seperti yang kita ketahui, meningkatnya kebutuhan usaha laundry pakaian di tengah masyarakat saat ini sudah tidak terbendung lagi. Hampir setiap daerah membutuhkan jasa cuci, setrika baik pakaian, selimut, karpet dan semacamnya.

Maka hampir tidak diragukan lagi jika memang anda berminat untuk membuka usaha laundry kiloan dengan modal kecil plus pelayanan yang memuaskan, sudah di pastikan anda akan kebanjiran orderan dari jasa cuci pakaian kiloan ini.

Bagi anda pemula yang tertarik untuk membuka bisnis laundry kiloan ini jika ragu untuk memulainya dari mana, maka kami menyarankan untuk belajar langsung dari pemilik usaha laundry pakaian kiloan ini langsung.

Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Niagas. All rights reserved. Developed by Jago Desain