Cara Memulai Bisnis Minyak Jelantah Untuk Pemula Tanpa Modal

Bisnis minyak jelantah merupakan usaha dengan memanfaatkan limbah minyak goreng bekas dari dapur yang cocok untuk ibu rumah tangga.
NIAGAS.COM - Memulai bisnis minyak jelantah bisa dibilang cara usaha tanpa modal terbaik yang bisa anda coba di rumah. Berawal dari mengolah minyak goreng bekas dari dapur menjadi ladang usaha yang menggiurkan.

Biasanya sisa minyak goreng di dapur akan kita buang begitu saja ke tempat sampah atau tempat pembuangan lainnya. Tentu jika hal ini dilakukan oleh setiap rumah, maka akan ada berapa banyak limbah minyak jelantah bekas minyak goreng yang berada di sekitar kita? 

Dengan memanfaatkan minyak jelantah sebagai usaha sekaligus ladang bisnis, hal ini dapat mengurangi resiko penumpukan limbah dari rumah yang dapat mencemari lingkungan seperti tersumbatnya aliran air, merusak tanaman dan tanah.


Harga Minyak Jelantah Per Liter

Lantas berapa harga jual minyak jelantah per liternya? Untuk harga per liter dari minyak jelantah itu sendiri tergantung dari setiap daerah hingga kualitas dari minyak jelantah itu sendiri.

Tergantung pengepul hingga produsen setiap daerah masing-masing. Biasanya semakin tinggi peminat akan minyak jelantah ini maka akan semakin tinggi harga perliter dari limbah minyak goreng ini.

Untuk produsen terbanyak jual beli minyak jelantah ini yaitu berasal dari Bogor, Depok, Jakarta dan Bali. Biasanya kurang lebih harga jual minyak jelantah per liternya dengan rentan harga Rp 2.500 hingga Rp 4.700 per liternya.


Manfaat Minyak Jelantah

Cara Memulai Bisnis Minyak Jelantah Untuk Pemula

Ada berbagai macam manfaat yang bisa kita dapatkan dari minyak jelantah ini. Selain untuk mendapatkan untung dari hasil jual beli limbah minyak goreng ini, kita bisa memanfaatkan nya sebagai minyak goreng daur ulang, sabun cuci, hingga biodiesel. Biodiesel sendiri merupakan bahan bakar yang terdiri dari campuran mono-alkil ester dari rantai panjang asam lemak yang terbuat dari sumber terbarukan.

Perusahaan Pembeli Minyak Jelantah

Berikut ini beberapa daftar perusahaan pembeli Minyak Jelantah yang dapat anda manfaatkan untuk menjual minyak jelantah hingga di jemput ke rumah.

  1. Boss Jelantah - Kunjungi situs
  2. Starlax Energi Nusantara - Kunjungi situs
  3. PT. Hijau Daun Energi - Kunjungi situs
  4. CV. Artha Metro Oil - Kunjungi situs
  5. PT. Delta Hijau Abadi - Kunjungi situs
  6. Green Energi Utama - Kunjungi situs
  7. BeliJelantah.com - Kunjungi situs
  8. BeliMinyakBekas.com - Kunjungi situs
  9. Asosiasi Pengumpul Minyak Jelantah Indonesia - apteji.or.id


Cara Menjual Minyak Jelantah

1. Menemukan Pengepul Minyak Jelantah Terdekat

Cara memulai bisnis minyak jelantah yang pertama yaitu pastikan anda menemukan pengepul Minyak Jelantah Terdekat. Karena jika anda hanya mengumpulkan minyak jelantah tanpa tau dimana pengepul Minyak Jelantah, maka anda tidak bisa menjual limbah minyak jelantah.

2. Kumpulan Minyak Jelantah

Cara selanjutnya untuk memulai bisnis minyak jelantah bagi pemula anda bisa mencobanya sendiri dari rumah, dengan mengumpulkan sedikit demi sedikit minyak jelantah dari dapur atau anda bisa juga meminta dari tetangga atau orang sekitar rumah anda agar tidak membuang minyak goreng bekas tersebut.

Untuk di daerah Bogor sendiri, bisnis minyak jelantah ini dilakukan secara bersama-sama atau gotong royong bersama warga setempat melalui koordinasi RT/RW setempat.

Biasanya kegiatan ini dilakukan melalui komunitas Bank Sampah. Dimana setiap minggu atau bulan akan ada penerimaan limbah minyak jelantah ini di balai RW. Lalu dari hasil minyak jelantah yang dikumpulkan oleh warga akan menjadi deposit tabungan bagi warga yang menyetorkan minyak jelantah dan sampah lainnya yang dapat di daur ulang.

3. Bangun Jaringan Bisnis Minyak Jelantah

Kiat sukses memulai bisnis minyak jelantah ini yaitu adanya kerjasama serta melibatkan banyak masyarakat sekitar.

Anda bisa mengadakan pelatihan atau seminar untuk warga setempat akan manfaat dan bahayanya minyak goreng bekas ini jika tidak di olah secara baik dan benar. 

Setelah warga mengetahui bahaya dan manfaatnya, anda bisa memberikan solusi dengan alternatif jual beli minyak jelantah ini. Anda bisa menawarkan bisnis minyak jelantah ini secara bersama-sama atau untuk individu saja.


Penutup

Dengan memanfaatkan minyak jelantah sebagai ladang bisnis dan usaha, akan ada banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan jika kegiatan ini dilakukan terus menerus.

Selain mendapatkan keuntungan dari bisnis minyak jelantah, lingkungan hidup pun akan merasakan manfaatnya dengan berkurangnya limbah dari minyak goreng bekas ini.

Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Niagas. All rights reserved. Developed by Jago Desain