Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Bakat dan Minat

Contoh peluang usaha berdasarkan bakat dan minat yang bisa anda dapatkan dari hobi keseharian untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Siapa yang tak bahagia jika bakat, minat dan hobi seseorang bisa sekaligus menghasilkan penghasilan tambahan?

Mendapatkan penghasilan dari bakat dan minat merupakan sebuah impian hampir setiap orang. Namun sayangnya hal tersebut tidak semua orang dapat meraihnya.

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Bakat dan Minat

Katakan saja anda adalah seorang yang memiliki minat dan bakat dalam dunia otomotif. Contohnya anda adalah seorang pesepeda yang hobi jalan-jalan, berkumpul sesama komunitas sepeda lainnya.

Lalu dari minat anda bersepeda ini anda bisa mendapatkan peluang usaha yang bagus. Anda sudah menjalin banyak hubungan dengan orang lain di komunitas anda, anda sudah mempunyai produk yang hendak anda tawarkan, bahkan anda bisa saja tidak memiliki produk namun anda memiliki network atau mungkin jasa pada hobi sepeda anda.


Menemukan Peluang Usaha Berdasarkan Bakat dan Minat

Seperti yang telah saya katakan di atas tadi. Peluang usaha sebenarnya sangat mudah kita dapatkan berdasarkan bakat dan minat pada bidang yang kita miliki.

Tak perlu mencari-cari peluang usaha apa yang banyak diminati, peluang usaha apa yang setiap hari laris atau mungkin peluang usaha apa yang tanpa modal? 

Disini seolah-olah kita seperti pribahasa "Gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang lautan terlihat." 

Kita mencari-cari peluang, ide usaha untuk pemula, padahal disekitar bahkan pada hobi, minat dan bakat kita yang selama ini kita geluti terdapat peluang usaha yang prospek nya bagus. 

1. Dengarkan permasalahan komunitas

Cara menemukan Peluang Usaha Berdasarkan Bakat dan Minat pertama yaitu anda harus peka terhadap permasalahan yang ada dalam komunitas anda, atau seputar kebutuhan orang-orang pada minat tersebut.

Katakan saja jika minat anda seorang pemusik, maka komunitas anda tidak akan jauh untuk membutuhkan peralatan seputar dunia musik. Seperti alat rekaman, alat musik atau personel musik lainnya.

2. Jalin relasi yang baik

Setelah anda mendapatkan kepercayaan dalam menjalankan bisnis dari minat dan bakat anda, maka jalinlah relasi, komunikasi yang baik antar sesama teman anggota.

Jangan pernah sekali-kali menipu dan lainnya untuk mendapatkan keuntungan sementara, itu sama saja anda menghentikan usaha anda sendiri.

3. Menjadi profesional

Setelah mendapatkan peluang usaha tersebut, sudah mendapatkan kepercayaan bisnis dari partner komunitas anda, order yang mulai berdatangan, maka anda bisa mulai menjadi seorang profesional.

Bisa mulai dari membangun nama brand anda sendiri, pelayanan yang profesional, merekrut teman untuk menjadi rekan bisnis dan lainnya.


Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Bakat dan Minat

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Bakat dan Minat pertama yang bisa saya bagikan contohnya yaitu saya sendiri memiliki minat dan bakat di dunia desain dan kreatifitas lainnya.

Dimana dari bakat saya di dunia desain memang tidak terlalu seperti profesional, namun melihat kemampuan yang saya miliki sedikit di atas rata-rata saja pada orang biasanya, maka saya memiliki sedikit kelebihan.

Lalu saya mencoba membuat sebuah tutorial desain di blog, kemudian ke Youtube dan pada akhirnya saya menemukan peluang usaha berdasarkan bakat dan minat yang saya miliki.

Yaitu saya bisa mendesain gambar atau foto dari orang-orang yang membutuhkan jasa desain tersebut.

Karena sebelumnya saya tau jika banyak orang yang belum memahami banyak mengenai seputar desain.

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Bakat dan Minat selanjutnya yaitu teman saya yang memiliki bakat dan minat di dunia otomotif sepeda motor klasik seperti Vespa.

Dimana dia mengetahui seluk-beluk mesin vespa, mulai dari tipe, merek, kerangka, mesin, model dan lain-lain hingga memiliki koleksi vespa yang banyak.

Sampai dia bisa mendapatkan keuntungan dari mempertemukan orang-orang yang menjual dan membeli motor klasik dari Eropa ini. 

Dari menjalin networking dan relasi yang baik, tanpa kita memiliki produk pun, jika kita sudah berada pada bakat dan minat yang tepat, maka uang akan datang untuk menghampiri.


Kesimpulan

Contoh Peluang Usaha Berdasarkan Bakat dan Minat ini mengacu dari kreativitas yang kita miliki.

Yang perlu digarisbawahi yaitu, jika ingin mencari peluang usaha berdasarkan bakat dan minat sebaiknya sejenak kita singkirkan tujuan kita untuk mendapatkan uang semata. 

Karena jika tujuan kita uang, uang dan uang, maka sama saja secara tidak langsung kita membunuh kreatifitas kita sendiri pada bakat dan minat yang kita miliki.

Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Niagas. All rights reserved. Developed by Jago Desain