5 Jenis Usaha Ternak Modal 300 ribu yang Menjanjikan dan Cara Perhitungannya

Usaha ternak modal 300 ribu, dapat dengan mudah dilakukan terutama di masa pandemi karena merupakan incaran masyarakat yang ingin merintis usaha.
5 Jenis Usaha Ternak Modal 300 ribu yang Menjanjikan dan Cara Perhitungannya

Keterbatasan modal juga luas lahan kerap sekali menjadi kendala untuk membuat sebuah usaha peternakan. Untuk itu beberapa rekomendasi usaha ternak modal kecil beserta tips untuk memulainya dibuat sebab bisnis peternakan adalah usaha dengan omset yang tinggi. 

Rekomendasi Usaha Ternak Modal 300 Ribu Dijamin Sukses

1. Ternak Lele

Usaha ternak modal 300 ribu yang pertama adalah ternak lele, untuk memulai usaha ini kamu bisa menggali kolam buatan di belakang rumah lalu menutupnya dengan terpal seharga Rp 15.000. Adapun harga satu ekor bibit lele berukuran 15 sampai 18 cm biasanya sekitar Rp 1.000 saja. 

Untuk harga pakan lele sendiri sekitar Rp 65.000 per kemasan 5 kilo, terlebih ketika kamu memutuskan untuk memberinya satu karung tentu harganya akan jauh lebih terjangkau. Untuk itu usaha ternak lele sangat mudah dilakukan terutama jika kamu ingin memulai bisnis kecil dengan modal yang kecil. 


2. Ternak Jangkrik 

Usaha ternak selanjutnya adalah usaha yang cukup asing untuk kamu, namun siapa sangka justru ternak jangkrik mempunyai prospek yang cerah. Seiring meningkatnya permintaan jangkrik sebagai pakan burung dan ikan menjadi modal awal untuk merintis peternakan jangkrik yang terjangkau. 

Usaha ternak jangkrik ini dapat dikategorikan sebagai salah satu usaha ternak modal yang kecil karena estimasi modal awalnya juga cukup murah. 

Diketahui bahwa telur jangkrik seharga 200.000 per kilonya Adapun kotak tempat hidup jangkrik seharga Rp 20.000 sampai Rp 100.000

Sebagai orang yang ingin membudidaya jangkrik kamu bisa memberi pakan jangkrik berupa sayuran dan konsentrat ayam dengan harga Rp 15.000 saja. 

Tentu bisa kamu sesuaikan dengan jumlah jangkrik yang dipelihara nantinya sehingga kamu dapat dengan mudah menuai keuntungan. 


3. Ternak Burung Puyuh 

Seperti yang kita ketahui bahwa ternak burung puyuh terkenal mempunyai cita rasa yang lezat sehingga banyak digunakan sebagai olahan kuliner restoran atau rumahan. Prospek bisnis burung puyuh cukup menjanjikan terlebih telur dan dagingnya dapat dengan mudah dijual di pasar. 

Kamu dapat dengan mudah menyiapkan modal ternak burung puyuh yang cukup terjangkau tak apalagi jika kamu telah mempunyai lahan khusus. 

Adapun bibit burung pucuk yang bisa kamu peroleh dengan harga sekitar Rp 8.000 per ekor kemudian kamu perlu menyiapkan kandang dengan harga Rp 200rb. 

Tak hanya sampai di situ saja karena harga pakan burung puyuh juga amat terjangkau yakni 1 kilonya kamu cukup membayar Rp 10.000 saja. 

Bisnis yang satu ini dapat tergolong sebagai salah satu usaha ternak modal kecil dengan prospek yang menjanjikan sebab sangat mudah dilakukan.

 

4. Ternak Ikan Hias

Kamu juga bisa menjalankan usaha ternak ikan hias dengan modal yang cukup kecil asal kamu memulainya dari jumlah yang sedikit. Seperti yang kita ketahui bahwa ternak ikan hias mempunyai harga bibit yang sedikit bervariasi mulai dari harga Rp2.000 hingga Rp30.000 per ekornya. 

Selanjutnya kamu bisa menyediakan akuarium dengan estimasi harga Rp 200.000 dan jangan lupa untuk menyediakan pakan khusus yang biasanya dijual. Adapun pakan khusus dari ikan hias yang satu ini biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp10.000 saja per pouch nya. 

5. Ternak Kelinci

Usaha ternak modal 300 ribu selanjutnya adalah ternak kelinci, ternak yang satu ini dapat dengan mudah kamu budidayakan. Pada umumnya daging kelinci terkenal akan kelezatannya sehingga dipakai untuk beberapa olahan kuliner yang tersebar di seluruh kota terutama di Indonesia. 

Hal ini merujuk pada pembuatan ternak kelinci yang merupakan salah satu usaha ternak modal kecil yang cukup menjanjikan. Untuk memulainya kamu bisa membeli beberapa pasang kelinci dengan harga per pasang berkisar antara Rp100.000 sampai Rp150.000. 

Kamu juga bisa membeli kandang mulai dari Rp200.000 dan menyiapkan pakan berupa wortel dan rumput. Daging kelinci dikenal akan kelezatannya sehingga sangat cocok untuk dijadikan budidaya dan air seni dari kelinci ini pun bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman. 

Ini adalah salah satu prospek usaha yang cukup menjanjikan di masa depan sehingga kamu bisa mengembangkannya. 

Terlebih kelinci sangat mudah dicari karena dijual bebas di pasar dan bukan termasuk kepada hewan yang dilindungi. 

Akhir Kata

Dengan memulai usaha ternak modal 300 ribu jika anda melakukannya secara tekun dan telaten atau tidak mudah cepat bosan, maka bisnis ini akan semakin bertambah.
Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Niagas. All rights reserved. Developed by Jago Desain