Pemasaran Usaha Makaroni Goreng Rumahan Aneka Rasa

Usaha Makaroni Goreng Rumahan Aneka Rasa Pedas, Manis dan Gurih yang bikin bisnis makin untung untuk pemula dengan modal kecil.
Pemasaran Usaha Makaroni Goreng Rumahan Aneka Rasa

NIAGAS.COM - Usaha makaroni goreng rumahan merupakan bisnis kuliner yang sangat cocok bagi pemula. Kenapa cocok untuk pemula? Karena mudah untuk dibuat, kemudian modalnya pun sangat ekonomis dengan penghasilan yang lumayan menguntungkan.

Siapa yang tidak tau dengan pasta makaroni ini. Makanan sejuta umat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai makanan yang satu ini.

Makaroni merupakan makanan ringan yang instan serta mudah untuk di olah menjadi bentuk kemasan. Baik untuk cemilan seperti keripik atau untuk basah seperti seblak dan sup sayuran.


1 Kg Makaroni Bisa Jadi Berapa Bungkus?

Pemasaran Usaha Makaroni Goreng Rumahan Aneka Rasa

Bagi anda yang benar-benar pemula untuk memulai usaha, ada baiknya anda belajar untuk jualan usaha makaroni goreng rumahan ini. Karena usaha makaroni goreng merupakan usaha yang benar-benar sangat dasar.

Dimana modal yang diperlukan untuk usaha makaroni goreng rumahan ini tidak terlalu banyak dan ribet. Anda hanya tinggal menyiapkan 1 Kg makaroni mentah untuk di goreng, minyak secukupnya, bumbu tabur penyedap rasa dan bungkus plastik ukuran sedang atau nanggung (tergantung porsi ukuran).

Lalu, berapa perkiraan 1 Kg Makaroni Bisa Jadi Berapa Bungkus? 

Jawabannya, tergantung..

Jika anda menjual dengan packing yang kecil dengan harga Rp 1000/pcs, mungkin dari satu bungkus dengan berat 1 kg untuk makaroni kerupuk atau biasa di sebut makaroni ngembang, bisa mendapatkan kurang lebih 150 pcs, dengan rata-rata berat 18 gram per pcs nya.

Jadi, jika dari 1 Kg bungkus makaroni mentah bisa memperoleh 150pcs lalu dijual dengan harga Rp 1000 maka perkiraan keuntungan yang akan anda dapatkan yaitu sebesar Rp 150 ribu. 150 pcs * Rp 1.000 = Rp 150.000


Bisnis Makaroni Goreng Aneka Rasa

Usaha makaroni goreng rumahan bisa menambah pundi-pundi keuntungan dalam usaha berskala kecil atau mikro. Menambah produk warung agar bervariatif. Begitu pula dengan aneka rasa dari makaroni goreng rumahan ini.

Biasanya, untuk usaha makaroni goreng rumahan ini terdapat 2 versi. Yaitu makaroni kerupuk alias ngembang dan makaroni bantet, dimana makaroni bantet ini tidak seperti makaroni kerupuk yang dapat mengembang ketika di goreng.

Meskipun makaroni bantet di goreng, maka makaroni tersebut tidak akan mengembang menjadi kerupuk. Bentuknya akan tetap kecil namun tetap renyah saat di kunyah. Maka terbentuklah nama produk MAGER singkatan dari Makaroni Gerah dan Renyah.

Untuk makaroni itu sendiri, kita bisa mendapatkan dengan mudah dan murah di pasar dengan harga kisaran Rp 25.000 per 1 Kg nya. Dan jika anda ingin memesan makaroni yang berbeda, anda hanya tinggal pesan makaroni goreng yang bantet atau makaroni kerupuk.

Untuk penyedap rasa, kita bisa mengolahnya sendiri tergantung dari selera yang akan kita racik. Apakah instan, hanya dengan bumbu penyedap rasa bubuk atau bumbu olahan yang kita buat sendiri dari cabai, daun jeruk dan rempah-rempah lainnya.


Harga Jual Makaroni Goreng Rumahan Aneka Rasa

Untuk harga jual makaroni goreng rumahan aneka rasa, ada berbagai pilihan variatif. Tergantung kepada anda sebagai penjual makaroni goreng ini. Apakah untuk anak-anak saja atau untuk dewasa. 

Jika untuk anak-anak, maka anda bisa menjual makaroni goreng rumahan aneka rasa ini sebesar Rp 1000 hingga 2000 ribu rupiah an saja. Dengan berat sekitar 20 gr per pcs nya untuk makaroni kerupuk. Dan untuk makaroni bantet, mungkin dapat disesuaikan dengan ukuran bungkus plastik ukuran kecil.

Untuk ukuran besar atau dewasa, biasanya dikemas dengan ukuran plastik tebal, dengan berat kurang lebih 100 gram / pcs. Dan jenis makaroni nya pun biasanya yang bantet (bukan yang mengembang).


Usaha Makaroni Basah Rumahan

Pemasaran Usaha Makaroni Goreng Rumahan Aneka Rasa

Seperti yang saya katakan di paragraf pertama, usaha makaroni ini dapat memiliki berbagai macam variasi. Ada makaroni kerupuk mengembang, makaroni bantet dan makaroni basah.

Dimana makaroni basah ini merupakan makaroni yang di olah dengan cara di rebus seperti seblak.

Makaroni basah ini sangat cocok untuk di jual di depan rumah bersama makanan ringan dan minuman serbuk seribuan lainnya. Usaha makaroni basah ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga.

Pemasaran Makaroni Goreng Rumahan

Untuk pemasaran usaha makaroni goreng rumahan ini anda bisa menggunakan cara memasarkan produk ke warung-warung sekitar rumah seperti artikel yang pernah saya buat sebelumnya, usaha yang bisa dititipkan di warung.

Jadi anda tidak melulu mengandalkan warung yang anda miliki saja, anda bisa menitipkan usaha makaroni goreng ini ke kantin-kantin sekolah, TK atau kampus.

Namun perlu diketahui juga, karena usaha makaroni goreng ini sangat mudah dan simpel, maka banyak pula saingan yang akan anda temukan di lapangan.

Disini lah anda belajar berwirausaha, bagaimana meskipun produk usaha sama, namun produk anda tetap memiliki alasan untuk pelanggan membeli.


Akhir Kata

Oke sobat pengusaha, itulah beberapa tutorial tips dan trik seputar usaha makaroni goreng rumahan aneka rasa. Mulai dari analisa usaha makaroni goreng rumahan, proposal usaha makaroni goreng rumahan hingga pemasaran usaha makaroni goreng yang bisa anda coba sendiri.

Terimakasih sudah berkunjung di blog niagas.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel kewirausahaan kami lainnya, selamat mencoba usaha makaroni goreng rumahan!

Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Niagas. All rights reserved. Developed by Jago Desain