Perlengkapan Usaha Fotocopy dan Rincian Modal Usaha Fotocopy Untuk Pemula

Rincian modal usaha fotocopy dan alat tulis kantor serta perlengkapan usaha fotocopy yang perlu anda penuhi untuk membuka bisnis usaha fotocopy.
Apabila kamu berniat untuk membuka usaha fotocopy maka kamu harus menyiapkan sejumlah perlengkapan agar bisnis yang dirintis bisa berjalan dengan lancar. 

Untuk itu kamu perlu tahu lebih lanjut Seperti apa perlengkapan yang kamu butuhkan pada saat kamu memutuskan untuk membuka usaha jasa foto copy ini. 

Perlengkapan Usaha Fotocopy Apa Saja Yang Wajib Untuk Kamu Miliki?

Perlengkapan Usaha Fotocopy dan Rincian Modal Usaha Fotocopy Untuk Pemula

Berikut ini adalah rincian perlengkapan untuk memenuhi kebutuhan membuka usaha fotocopy agar memudahkan para pelanggan saat memesan jasa fotocopy atau membeli alat tulis lainnya.

1. Mesin Fotocopy 

Ketika kamu memutuskan untuk membuka usaha fotokopian maka mesin fotocopy adalah salah satu perlengkapan pertama yang wajib kamu miliki.

Perlengkapan utama yang satu ini sangat berperan untuk mencetak dan menggandakan dokumen sehingga kamu harus mempunyai budget yang pas. 

Adapun harga mesin fotocopy sendiri juga bervariasi mulai dari 12 jutaan sampai puluhan juta. Kamu dapat dengan mudah memilih mesin yang bisa disesuaikan dengan modal yang kamu miliki. 

Usahakan memilih mesin fotocopy yang mempunyai garansi agar apabila terjadi kerusakan kamu bisa meminimalisir biaya pengeluaran.


2. Etalase Kaca dan Mesin Laminating 

Usaha inti yang dijalankan adalah fotocopy tentunya kamu harus menyediakan beberapa barang yang berkaitan dengan kegiatan fotokopi, seperti menyediakan ATK dan yang lainnya.

Etalase kaca sangat berfungsi untuk menempatkan produk tambahan yang Anda jual seiring fotokopi berjalan. 

Adapun harga etalase kaca pada saat ini mulai dari 1 jutaan rupiah saja, harga yang satu ini sesuai dengan ketebalan dan kualitas yang dimiliki oleh etalase tersebut. 

Selain itu kamu harus menyediakan mesin laminating untuk melengkapi usaha fotokopian kamu menjadi jauh lebih baik. 

Mesin laminating yang satu ini mempunyai fungsi untuk laminating dokumen penting yang mungkin customer kamu membutuhkan hal ini. 

Usaha fotocopy rebutan menyediakan layanan laminating maka ada baiknya kamu harus memiliki perlengkapan yang satu ini agar usaha lebih sukses. 

3. Printer dan Komputer 

Secara teknis usaha yang kamu jalankan memang fotokopian, namun printer adalah salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki. 

Kamu bisa memperhatikan di sekitar kamu karena semua usaha fotocopy pasti mempunyai printer sebab menjadi solusi ketika pelanggan ingin mencetak dokumen berwarna. 

Printer juga menjadi solusi ketika customer menginginkan foto atau cetak foto yang tidak bisa dilakukan di mesin fotocopy. 

Pastinya berita dengan harga 1 jutaan sangat cukup untuk memadai dan mendukung usaha fotocopy yang kamu miliki.

Selanjutnya adalah komputer Karena untuk mengoperasikan printer kamu tidak boleh mendapatkan komputer atau laptop. 

Perangkat yang satu ini diperlukan untuk mengedit dokumen sebelum dicetak atau digandakan maka kamu harus memilih komputer dengan spek yang sangat bagus. 

Kamu juga harus melakukan install aplikasi desain grafis seperti Corel draw atau Adobe Photoshop. Aplikasi tersebut tentunya berguna untuk kamu ke depannya yang membutuhkan edit pada saat melayani customer. 

4. Alat Cover Jilid

Usaha fotocopy yang kamu jalankan biasanya juga melayani penjilidan karena pelanggan biasanya meminta cover jelly dengan jenis tertentu seperti hard cover atau soft cover. 

Karena hal seperti ini kamu harus menyediakan beberapa pilihan cover jilid yang telah tersedia di toko kamu sendiri. 


5. Meja Kursi dan Alat Pemotong Kertas

Salah satu pendukung yang secara tidak langsung dibutuhkan dalam usaha fotocopy adalah meja dan kursi. Meja bermanfaat untuk meletakkan komputer atau printer dan serta perlengkapan lainnya sedangkan kursi sangat bermanfaat untuk tempat duduk saat operasi komputer atau saat antri. 

Kamu juga harus menyediakan alat pemotong kertas atau biasa disebut dengan multi paper cutter. Sangat dibutuhkan dalam usaha fotocopy untuk memotong kertas dalam jumlah banyak sekaligus dan cukup dengan sekali tekan puluhan kertas Bisa terpotong dengan rapi. 

Apabila ukuran alat tersebut makin besar maka biasanya juga lebih handal untuk memotong lebih banyak kertas. Jangan lupa juga untuk menyiapkan perlengkapan selanjutnya yakni stapler yang digunakan untuk menggandakan dokumen lebih dari satu. 

Kamu harus menyiapkan beberapa stapler dengan berbagai jenis ukuran karena stapler besar diperlukan untuk menjadi dokumen yang tebal. 

Tidak lupa juga kamu harus menyiapkan neon box yakni papan nama toko yang dapat menyala dan mencantumkan merek mesin fotocopy yang kamu gunakan. 


Rincian Modal Usaha Fotocopy dan Alat Tulis

Nah, berdasarkan perlengkapan usaha fotocopy maka perkiraan rincian modal untuk buka usaha fotocopy di atas, maka Anda kira-kira akan membutuhkan modal sebesar kurang lebih Rp 50.000.000 untuk membuka usaha fotocopy. Mulai dari mesin fotocopy, persediaan alat tulis kantor, biaya lokasi usaha hingga gaji pegawai.

Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Niagas. All rights reserved. Developed by Jago Desain