Cara Memanfaatkan Lahan Sempit Untuk Bisnis

Dengan memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis dapat menambah penghasilan tambahan. Berikut beberapa peluang usaha untuk lahan terbatas.
NIAGAS.COM - Bagi anda yang memiliki lahan sempit atau terbatas, khususnya diperkotaan tentu saja bukan sebuah hal yang menghalangi anda tetap membuka usaha atau bisnis.

Dengan memanfaatkan lahan sempit yang anda miliki disekitar tempat tinggal dapat menambah penghasilan tambahan. Bahkan saat ini jangankan lahan sempit, tidak memiliki lahan pun kita tetap bisa berbisnis secara daring atau online.

Sebelum membuka usaha bisnis pada lahan yang sempit, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa kebutuhan orang atau masyarakat sekitar. Sebab dari mengetahui kebutuhan pokok masyarakat sekitar maka kita bisa memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis dari pekarangan rumah yang kita miliki.


Ide Bisnis Untuk Lahan Sempit Sekitar Rumah

Cara Memanfaatkan Lahan Sempit Untuk Bisnis

Dengan memiliki sedikit lahan sempit disekitar rumah tentu saja ruang usaha yang kita miliki terbatas. Maka dari itu kita perlu memanfaatkan bisnis yang memiliki sedikit ruang gerak saja. Berikut ini beberapa ide bisnis sampingan untuk di lahan sempit yang bisa anda manfaatkan.

1. Air Galon Isi Ulang

Ide usaha dengan memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis yang pertama anda bisa mencoba menjual air minum isi ulang galon. Dimana usaha ini kita hanya menyimpan beberapa galon depan rumah.

Disini kita memesan galon berisi dari depot air minum, lalu mengantarkan pada tetangga sekitar yang ingin galonnya di isi ulang. Dengan memanfaatkan usaha isi ulang galon ini kita tidak perlu memiliki banyak tempat, dimana hanya tempat untuk menyimpan galon saja.

2. Jual Pulsa dan Token Listrik

Ide usaha dari memanfaatkan lahan sempit selanjutnya yaitu kita bisa membuka usaha isi ulang pulsa dan token. Kita bisa menyimpan tulisan atau poster pemberitahuan jika disini menjual token listrik dan pulsa.

3. Warung Kecil-kecilan

Ide bisnis dari memanfaatkan lahan sempit selanjutnya yaitu membuka warung kecil-kecilan. Disini kita bisa menjual seperti minuman serbuk untuk anak-anak, menjual es batu dan makanan ringan lainnya.

Selain itu jika lahan berdekatan dengan dapur rumah kita bisa membuat makanan masakan untuk anak-anak. Contohnya seperti mie gaul, telur gulung, seblak dan gorengan lainnya.


4. Jual Nasi Uduk / Gado-gado

Ide bisnis untuk dilahan sempit selanjutnya yaitu jualan makanan siap saji. Seperti masakan atau lauk matang yang siap dikemas, nasi uduk, gado-gado dan sejenisnya.

5. Jual beli burung dan ikan hias

Memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis selanjutnya kita bisa mulai memelihara ikan hias pada akuarium kecil seperti ikan cupang, koki, koi dan lainnya yang tidak memerlukan tempat yang luas.

Jika tidak memungkinkan kita bisa pula jual beli burung. Kandang burung pada lahan sempit biasanya akan di gantung di atap rumah.

6. Jasa Pijat

Ide bisnis dengan memanfaatkan lahan sempit selanjutnya yaitu dengan membuka jasa pijat. Dimana jasa pijat atau pengobatan bisa kita buka dengan tidak terlalu memakan banyak tempat.

Bahkan biasanya jasa pijat ini berupa panggilan atau jika pasien datang sendiri ke rumah kita, kita bisa memanfaatkan kamar atau ruang tamu yang ada.

7. Ternak Jangkrik dan Kroto

Cara memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis selanjutnya yaitu jika amda memiliki hewan peliharaan seperti burung atau ikan, anda bisa membuat ternak jangkrik atau kroto.

Karena lahan untuk ternak kedua hewan untuk umpan ini tidak membutuhkan banyak space atau tempat. Namun perlu diketahui pula resiko untuk berternak jangkrik dan kroto ini.


Kesimpulan

Pada dasarnya, jika kita memiliki kemauan untuk membuka usaha, maka lahan sempit bukanlah sebuah masalah. Dengan lahan sempit setelah usaha yang kita buka berjalan maka bisa saja kita bisa berpindah ke tempat yang lebih luas lagi.

Agar bisnis di lahan sempit yang kita jalankan berjalan dengan lancar dan mendapatkan keuntungan maka kita perlu mengetahui keperluan apa yang konsumen butuhkan.

Contohnya jika disekitar rumah kita belum ada yang Membuka air minum isi ulang, maka kita bisa menyediakan nya. Sekian informasi cara memanfaatkan lahan sempit untuk bisnis. Semoga membantu, selamat mencoba!

Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Niagas. All rights reserved. Developed by Jago Desain