8 Budidaya yang Masih Langka dan Menguntungkan

Ada banyak budidaya yang masih langka dan bisa meraup untuk sampai jutaan. Ada budidaya hewan dan juga tanaman. Simak selengkapnya di sini!
Setiap pebisnis harus menemukan ide-ide kreatif agar mampu bersaing dengan kompetitor yang lain. Salah satu ide bisnis yang menguntungkan saat ini adalah bisnis budidaya. Budidaya yang masih langka dan jarang diketahui orang ini perlu untuk dimaksimalkan sebaik mungkin. 

8 Budidaya yang Masih Langka dan Menguntungkan

Bisnis yang masih jarang, akan membuat bisnis Anda berkembang lebih cepat karena sedikit pesaing. Meskipun begitu, lihat juga bagaimana kebutuhan pasarnya. Apakah menguntungkan atau tidak. Simak berbagai jenis budidaya yang jarang dan potensi menguntungkan. 


Rekomendasi Budidaya yang Masih Langka di Indonesia

Ketahui budidaya yang masih langka di Indonesia baik dari peternakan hingga pertanian berikut ini agar bisa menjadi inspirasi untuk mengembangkan bisnis sendiri yang menguntungkan. 

1. Budidaya Maggot 

Mungkin ini terdengar asing di telinga Anda, padahal maggot seringkali kita ketahui. Maggot adalah belatung. Ya, budidaya belatung adalah budidaya yang masih langka dan tidak banyak orang tahu. 

Banyak sebagian orang yang merasa heran dan merasa jijik kenapa belatung dibudidayakan. Nyatanya, banyak yang mencari maggot atau belatung ini karena memiliki manfaat untuk terapi kesehatan dan berbagai penyakit. 

Sedangkan maggot sendiri banyak dicari untuk melestarikan lingkungan karena dengan belatung ini, proses degradasi sampah organik akan berlangsung lebih cepat sehingga sampah tidak menumpuk. 

Maggot juga bisa digunakan untuk pakan alat pancing agar bisa menangkap ikan. Dari banyaknya manfaat ini, budidaya maggot adalah hal yang menguntungkan. 

Budidaya ini termasuk usaha ternak yang masih jarang tetapi memiliki prospek yang bagus. Diketahui bahwa harga telur dari maggot ini lumayan tinggi. Budidaya maggot juga terbilang cukup mudah. 

Anda cukup menyediakan bahan organik atau makanan sisa untuk mengembangbiakkan maggot. Adapun untuk membuat maggot menjadi dewasa juga tidak butuh waktu lama sehingga ini merupakan peluang budidaya yang masih langka dengan keuntungan yang besar. 

2. Budidaya Kroto 

Jenis budidaya yang masih langka lainnya adalah Kroto. Mungkin Anda juga jarang mengenal nama tersebut. Kroto adalah telur atau larva dari semut rangrang. Budidaya ini sangat diperlukan karena Kroto sudah mulai berkurang di hutan. 

Jadi, Anda bisa membudidayakannya untuk melestarikan lingkungan dan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kroto biasanya digunakan untuk makanan burung insektivora. 

Kroto banyak dicari oleh pecinta burung karena makanan ini memiliki tinggi protein sehingga akan menyehatkan untuk burung peliharaan. Diketahui bahwa Kroto bisa membuat burung lebih lincah dan memiliki kicauan yang merdu.

Selain itu, Kroto juga digunakan untuk obat herbal. Kebutuhan dari pangsa pasar ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Anda bisa memulai untuk usaha ini untuk budidaya hasil milyaran.

Namun, untuk mengembangkannya diperlukan pengetahuan terlebih dahulu agar Kroto bisa berkembang lebih pesat. 


3. Budidaya Belut

Belut juga termasuk budidaya yang masih langka tetapi banyak dibutuhkan saat ini. Belut biasanya hidup di air tawar dengan kondisi air yang berlumpur. Jadi, untuk mengembangbiakkan juga mudah dilakukan. 

Keuntungan dari usaha ternak belut ini adalah tidak memerlukan modal yang besar. Modalnya yaitu sekitar Rp 2 juta untuk mempersiapkan kolam sampai perawatannya. Untuk pakannya sendiri bisa pakai pakan alami sehingga tidak perlu untuk membelinya. 

Selain itu, belut termasuk budidaya yang menjanjikan karena memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi. Hal ini karena banyak orang yang mengetahui khasiat dari belut. Belut kaya akan gizi dan memiliki cita rasa yang lezat. 

Oleh sebab itu, banyak orang yang mencarinya. Ini bisa dijadikan ladang bisnis untuk Anda. 

4. Budidaya Jangkrik

Budidaya yang masih langka selanjutnya adalah jangkrik. Serangga ini biasa digunakan untuk pakan ternak seperti burung dan ikan. Namun, ada juga yang mencarinya untuk dikonsumsi oleh manusia. 

Ini juga kesempatan yang bagus memilih budidaya yang masih langka ini. Jangkrik juga mudah dalam pemeliharaan. 

Selain itu, jangkrik termasuk ternak paling cepat panen dan menguntungkan karena mudah untuk berkembang biak. 


5. Budidaya Cacing

Keuntungan dari budidaya cacing ini bisa mencapai jutaan rupiah. Ada beberapa orang yang sukses untuk membudidayakannya sehingga memperoleh keuntungan yang besar. Namanya adalah bapak Joko Pelajarnto asal Magetan. 

Budidaya cacing juga relatif mudah dan termasuk macam budidaya rumahan tetapi membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang baik. 

Hal ini karena dibutuhkan kelembapan tanah yang baik untuk mengembangbiakkannya. Selain itu, Anda juga perlu belajar bagaimana cara budidaya cacing yang benar. 

Mulai dari menyiapkan media ternak untuk cacing, menyiapkan bibit cacing yang berkualitas, pemberian pakan cacing, buat media cacing untuk tempat bertelur, sampai dengan pengendalian dan pemberantasan hama cacing. 

Cacing adalah budidaya yang cukup menggiurkan karena banyak orang membutuhkannya. Cacing ini biasanya dibutuhkan untuk keperluan obat karena mengandung banyak khasiat didalamnya. 

Contohnya bisa untuk menyembuhkan tifus, diare, melancarkan sirkulasi darah, menambah stamina. Selain untuk kesehatan manusia, cacing juga sering dipakai untuk pakan ternak dan ikan. 

6. Budidaya Lintah 

Mungkin Anda sudah mengenal dengan fungsi lintah ini. Lintah berfungsi untuk terapi kesehatan karena lintah akan menyedot darah Anda sehingga bisa mengatasi berbagai masalah penyakit. 

Penyakit yang dipercaya dapat disembuhkan dengan lintah contohnya seperti darah tinggi, kolesterol, asam urat, jantung koroner, dan masih banyak lainnya. Berbagai manfaat yang diberikan oleh lintah membuatnya menjadi budidaya yang sedang trend. 

Manfaat budidaya lintah ini bisa meraup puluhan juta. Selain itu, pesaing budidaya ini jarang ditemukan sehingga Anda bisa mendapatkan untung sampai berlipat ganda. 


7. Budidaya Paprika 

Selain hewan yang bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan, Anda juga bisa membudidayakan paprika. Tanaman ini termasuk budidaya tanaman yang menguntungkan karena permintaan di Indonesia juga cukup besar meski masih populer cabai. 

Paprika adalah bisnis yang masih jarang digeluti, sehingga harga paprika cenderung tinggi. Ini bisa menjadikan kesempatan bisnis untuk membudidayakan tanaman ini dan memperoleh keuntungan yang besar. 

Meski memiliki peluang yang bagus dan masih langka, budidaya paprika perlu memperhatikan pengelolaanya agar mudah. Umumnya, paprika bisa tumbuh di dataran tinggi. Jadi, perhatikan apakah lahan Anda memenuhi kualifikasi tersebut. 

Selain itu, tanaman ini termasuk rentan terhadap hama sehingga perlu perawatan ekstra. Anda harus memikirkan media tanam yang cocok yang bisa terhindar dari hama dan penyakit. Salah satunya adalah arang sekam. 

8. Budidaya Tanaman Hias 

Budidaya terakhir yang menguntungkan adalah tanaman hias. Tanaman hias banyak disukai oleh orang karena warnanya yang cantik dan bisa memperindah rumah. Selain itu, tanaman hias banyak dicari untuk diberikan ke orang terkasih atau sebagai hadiah seperti kado wisuda. 

Oleh sebab itu, permintaan tanaman hias juga tinggi. Jadi, ini termasuk budidaya yang menjanjikan. 


Penutup 

Itulah 8 budidaya yang masih langka dan cocok dipilih untuk Anda yang ingin memiliki pesaing sedikit dengan untung besar. Jadi mana yang ingin Anda coba?

Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Niagas. All rights reserved. Developed by Jago Desain