10 Jenis Tanaman Jangka Panjang dan Mudah Perawatannya

Simak 10 jenis tanaman jangka panjang yang perawatannya ternyata sangat mudah untuk pemula lho.
Banyak masyarakat yang memiliki hobi cocok tanam dan bagi Anda yang ingin menanam tanaman umurnya panjang, ada 10 jenis tanaman jangka panjang di bawah ini. 

Bercocok tanam adalah salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga di halaman rumah. Nah, Anda bisa memilih jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan nantinya saat berbuah. 

Selain itu, ada banyak jenis tanaman yang dapat hidup jangka panjang dan bisa dimanfaatkan untuk penghijauan dan membuat udara jadi lebih segar. 

Tanaman-tanaman seperti ini tentu saja mudah didapatkan di penjual tanaman atau membeli dalam bentuk bijinya. Nah, berikut ini adalah 10 jenis tanaman yang dapat hidup cukup panjang dan mudah perawatannya serta menguntungkan untuk dijadikan lahan bisnis.


Contoh 10 Jenis Tanaman Jangka Panjang

10-jenis-tanaman-jangka-panjang

Contoh 10 jenis tanaman dengan usia panjang dan perawatannya mudah adalah :

1. Pala

Salah satu jenis tanaman jangka panjang yang pertama adalah pala. Pala merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang bisa tumbuh subur di Indonesia dan juga bisa bertahan cukup lama pohonnya. Perawatan pohon pala juga tidak terlalu sulit sehingga Anda bisa menanamnya di kebun atau pekarangan rumah. 

2. Cengkeh

Selain pala, cengkeh juga termasuk jenis tanaman jangka panjang sekaligus bisa dijual dengan harga cukup mahal. Cengkeh termasuk jenis rempah-rempah yang mudah ditemukan di Indonesia. 

3. Pohon Jati

Pohon jati juga terkenal jenis tanaman jangka panjang karena bisa berusia hingga ratusan tahun atau bisa lebih. Nah, yang menguntungkan lagi adalah kayu jati memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan banyak masyarakat yang mencarinya. 

Bagi Anda yang memiliki lahan cukup luas bisa menanam pohon jati di sekitarnya. Perawatan pohon jati juga tidak sulit sehingga Anda tidak usah khawatir untuk merawatkan hingga tumbuh besar. 


4. Pohon Mahoni

Selain ada pohon jati, namun juga ada mahoni dan kayunya bisa dijual karena banyak yang mencarinya juga. Namun harga kayu mahoni tidak semahal kayu jati karena karakteristik kayu jati memang sangat kuat. Anda bisa menanam pohon mahoni di berbagai daerah karena termasuk mudah tumbuh dimana-mana. 

5. Mangga

10 jenis tanaman jangka panjang berikutnya adalah mangga dan buah satu ini sangat disukai oleh masyarakat. Bagi Anda yang ingin menanam jenis buah yang lezat dan juga bisa jangka panjang tentu mangga adalah pilihannya. 

Apalagi ada beragam jenis mangga yang banyak ditemukan di Indonesia dengan beragam karakteristik rasa dan juga bentuk buahnya. 

6. Durian

Durian merupakan salah satu jenis buah dengan harga yang cukup mahal. Apalagi durian super dengan rasa yang lezat dan ukurannya yang besar pasti banyak orang yang menyukainya. Pohon durian termasuk tanaman yang jangka panjang dan dapat dipanen hampir setiap tahun.

7. Kelapa

Pohon kelapa juga dapat hidup cukup lama dan dapat dipanen buah, nira dan juga kayunya bisa dimanfaatkan. Cara merawat pohon kelapa juga mudah sekali dan Anda bisa memanen kelapa beberapa bulan sekali. Buah kelapa rasanya segar dan manis airnya sehingga banyak yang menyukainya. 


8. Kemiri

Kemiri termasuk jenis bumbu dapur yang banyak digunakan untuk mengolah makanan. Anda bisa menanam pohon kemiri dan memanennya untuk dijual atau untuk pribadi. 

Kemiri memang sangat dibutuhkan untuk membuat makanan lebih lezat dan gurih sehingga tidak heran jika banyak yang menggunakannya. Perawatan pohon kemiri juga mudah sehingga Anda tidak perlu khawatir. 

9. Alpukat

Alpukat merupakan jenis buah yang sangat lezat dan juga banyak disukai oleh masyarakat. Alpukat bisa dibuat untuk berbagai jenis minuman atau camilan yang bergizi. 

Bahkan bayi hingga dewasa bisa mengonsumsi alpokat karena aman dan juga bergizi. Anda bisa memanen buah alpukat dan bisa dijual dengan harga cukup mahal di pasaran. 


10. Jambu Biji

Terakhir adalah tanaman jambu biji dan buah yang satu ini termasuk banyak yang menyukainya. Selain cara merawatnya yang mudah, namun juga bisa diolah menjadi minuman atau aneka camilan yang sehat dan bergizi. 

Anda bisa membuat jus jambu biji yang segar dan langsung memetiknya dari pohonnya juga. Pohon jambu biji dapat tumbuh subur dimana-mana dan tidak memerlukan perawatan khusus yang sulit. 

Itulah 10 jenis tanaman jangka panjang dan menjanjikan jika Anda jual karena banyak diminati oleh masyarakat. 
Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Niagas. All rights reserved. Developed by Jago Desain