Usaha Sparepart Motor Untuk Pemula, Siapkan Kebutuhannya

Apakah Anda tertarik membuka usaha sparepart motor? Kalau begitu simak informasi seputar usaha sparepart motor untuk pemula ini.
NIAGAS.COM - Saat ini dengan perkembangan teknologi yang semakin bertambah pesat dan maju, tidak bisa dipungkiri juga jika pengguna sepeda motor di Indonesia juga semakin pesat. Hal tersebut bisa Anda lihat dengan semakin padatnya pengguna jalan raya yang didominasi dengan kendaraan roda dua atau motor. 

Semakin pada kendaraan roda dua ini, bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha dimana usaha yang bisa Anda dirikan adalah usaha sparepart motor untuk pemula. Motor tentunya membutuhkan maintenance selama pemakaiannya dengan mengganti sparepartnya jika mengalami kerusakan dan lain sebagainya.


Langkah Untuk Membuka Usaha Sparepart Motor Untuk Para Pemula

Usaha dengan menjual aksesoris atau sparepart sepeda motor merupakan salah satu peluang yang terus menjadi trend dan meningkat sebab permintaan pasar semakin tinggi. Peluang usaha ini juga masih terbuka lebar karena setiap motor pasti mengalami peningkatan setiap tahunnya. 

Untuk Anda yang ingin memulai usaha sparepart motor untuk pemula, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Modal dana usaha

Jelas sekali, Anda harus menyiapkan modal agar bisa menjalankan usaha tersebut. Dalam usaha ini, maka modal yang dibutuhkan antara lain:

  1. Modal untuk sewa tempat usaha jika Anda belum mempunyai tempat sendiri. Anggaran yang akan dibutuhkan dan perlu dipersiapkan sekitar 20%.
  2. Modal untuk sarana dan prasarana toko. Untuk modal yang satu ini, Anda membutuhkan kurang lebih 10%.
  3. Barang atau sparepart yang ingin dijual. Inilah yang harus dipersiapkan sebagai penjual sparepart. Modal yang harus dikeluarkan tentunya sebesar 70%.


2. Tentukan lokasi untuk buka usaha

Lokasi sangat mempengaruhi keberhasilan dari sebuah usaha. Lokasi menentukan keberhasilan dalam jangka pendek sedangkan untuk jangka panjangnya adalah barang atau sparepart. Lokasi yang strategis bisa mendatangkan keuntungan untuk usaha Anda.

Letak lokasi berikut ini termasuk strategis, yaitu :

  • Lokasi yang berada di pinggir jalan raya
  • Lokasi yang mempunyai dua arah tanpa adanya batas jalan
  • Lokasi yang dekat dengan pemukiman
  • Lokasi yang dekat pusat keramaian, yaitu pasar, kampus, perkantoran atau sekolah

3. Siapkan sarana dan prasarana

Usaha Sparepart Motor Untuk Pemula, Siapkan Kebutuhannya

Jika dana dan lokasi sudah pasti, maka Anda bisa menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung untuk toko Anda. Biasanya Anda akan membutuhkan rak barang, etalase, meja, papan nama, hingga komputer. Di sini Anda harus meminimalkan pengeluaran sarana dan prasarana.


4. Siapkan Produk Dagangan

Anda bisa memulai untuk belanja sparepart motor yang sering dibutuhkan. Biasanya produk yang sering dibutuhkan adalah :

  1. Sparepart
  2. Produk sparepart genuine
  3. Variasi dan aksesoris untuk motor
  4. Oli
  5. Ban luar dan ban dalam untuk motor.

Barang tersebut yang biasanya dicari orang-orang. Tentu saja, ada baiknya Anda mencari tempat beli yang mempunyai harga langsung dari supplier. 


5. Penuhi peralatan bengkel yang lain

Jika Anda tidak hanya sekedar menjual produk sparepart motor saja, namun juga ingin menyambi membuka bengkel maka Anda juga harus menyiapkan peralatan yang dibutuhkan bengkel. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan dua bisnis sekaligus. 

6. Siapkan tenaga kerja

Biasanya toko sparepart akan membutuhkan tenaga kerja tambahan, terlebih jika Anda membuka bengkel sekaligus maka Anda membutuhkan tenaga kerja untuk membantu pekerjaan yang ada di bengkel. 

Untuk bisa mendapatkan tenaga kerja, maka Anda bisa ikuti dengan cara berikut :

  1. Pastikan memang lulusan yang mengenal dunia bengkel atau otomotif
  2. Lakukan penawaran pekerjaan dan gaji yang sesuai
  3. Dapatkan orang yang ingin selalu belajar terkait dunia otomotif
  4. Bisa daftarkan teman atau saudara ke sekolah otomotif dan setelah lulus bisa bekerja di bengkel Anda.

Selesai sudah informasi yang bisa dibagikan untuk Anda yang akan jalankan usaha sparepart motor untuk pemula. Jangan lupa untuk membuat strategi dalam pemasaran yang baik dan menggunakan kemajuan internet saat ini. 

Jangan ragu buka usaha Anda mulai dari sekarang, lakukan analisis dan pertimbangan lebih lanjut agar Anda bisa lebih yakin dan mempertimbangkannya kembali. Siapkan semua modal dari sekarang untuk lancarkan usaha Anda.
Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Niagas. All rights reserved. Developed by Jago Desain